Tips MC

Street Smart Master of Ceremony (Panduan Praktis Bagi MC Pemula Dalam Memandu Acara)

Street Smart Master of Ceremony (Panduan Praktis Bagi MC Pemula Dalam Memandu Acara)

Buku belajar MC 

Di era millennial saat ini, beragam profesi bermunculan. Jika dulu bekerja harus ada di kantor dengan jam yang ditentukan, maka sekarang bukan zamannya lagi. Orang-orang bisa bekerja tanpa kantor dan tanpa jam yang ditentukan. Oleh karena itu, profesi sebagai seorang freelancer begitu ramai digeluti banyak orang.

Salah satu freelancer yang banyak peminatnya adalah menjadi seorang MC. Kenapa MC? Karena setiap perusahaan, lembaga, organisasi bahkan individu pasti mempunyai acara yang akan diselenggarakan. Dan yang menjadi pemimpin dari sebuah acara adalah MC.

Sudah banyak orang yang melabuhkan pekerjaan utamanya sebagai seorang MC. Mengawali karirnya dari nol, perlahan kinerjanya teruji dan selalu menjadi andalan di setiap event. Memang, salah satu motif yang membuat orang tertarik menjadi MC adalah finansial yang cukup menjanjikan.

Lantas, bagaimana dengan kita yang belum mempunyai pengalaman seorang MC? Apakah bisa kita terjun dan memulai sebagai seorang MC profesional?

Kabar baiknya, buku ini hadir untuk memberikan panduan praktis kepada Anda yang ingin mengawali karirnya sebagai seorang MC. Pembahasannya mulai dari mengenal profesi MC, kompetensi dasar  MC, tips membangun mentalitas MC, tips melakukan persiapan MC dan tips memandu acara dari awal hingga akhir acara.

Bukan hanya itu saja, buku ini dilengkapi dengan panduan naskah MC serta cerita perjalanan beberapa kawan MC dalam memulai karirnya.

Harapannya, moga-moga buku ini bisa menjadi panduan yang membantu Anda untuk segera mengambil langkah menjadi seorang MC yang kompeten.

Adapun gambaran bukunya terdiri dari  6 bab. 

Chapter 1: Mengenal Master of Ceremony

Sebagai awalan, pembahasan di bab 1 mengulas mengenai peran penting dan gambaran seorang MC dalam menekuni profesinya. Bab 1 akan menjadi pemantik agar orang-orang semakin memiliki alasan kuat ketika memilih menjadi MC.

Adapun bahasan lengkapnya terdiri dari:

-Mengapa memilih menjadi MC

-Peluang karir MC

-Peran penting MC

-Mengenal MC dengan genre acara berbeda

-Siapa yang bisa jadi MC?

Chapter 2: Kompetensi Dasar MC

Pembahasan di bab 2 fokus kepada kompetensi yang dibutuhkan oleh seorang MC. Hal ini diperlukan agar orang-orang yang ingin menjadi MC mampu melatih dari awal setiap kompetensi tersebut sehingga nantinya siap menjadi MC.

Adapun pembahasannya terdiri dari:

-Percaya diri

-Public speaking

-Arranger acara

-Kreatif dan inovatif

-Fleksibel dengan acara

-Memiliki jiwa “penghibur”

Chapter 3: Tips Membangun Mentalitas MC

Dalam bab 3, poin-poin yang dibahas adalah hal fundamental yang menjadi dasar bagi seorang MC. Mentalitas adalah hal yang perlu dimiliki jika ingin menjadi seorang MC. Bagaimana mengatasi grogi, memulai tampil perdana hingga akhirnya terbiasa.

Hal tersebut dibahas lengkap dengan materi:

-Membangun mentalitas

-Belum pernah ngemsi? Tampil dulu aja

-Mengatasi grogi saat ngemsi

-Menyikapi kesalahan saat di panggung

-Jadi MC dadakan? Kenapa nggak

-Lupa mau ngomong apa?

Chapter 4: Tips Melakukan Persiapan MC

Persiapan adalah faktor utama yang bisa menentukan gagal atau berhasilnya suatu acara. Persiapan tidak bisa dianggap sepele, karena pada faktanya begitu banyak hal yang bisa dilakukan di fase persiapan.

Apa saja yang perlu dipersiapkan ketika akan menjadi MC:

-Menggali kebutuhan klien

-Membuat susunan acara

-Referensi konten acara

-Mempersiapkan senjata

-Meriahkan dengan outfit yang tepat

-Latihan berulang

Chapter 5: Tips Memandu Acara

Di bab 5 fokus pembahasannya adalah hal teknis bagaimana seorang MC memandu acara. Mulai dari memetakan alur acara, membuka acara hingga menutup acara dengan berkesan. Bagian ini adalah poin yang menentukan. Kenapa? Karena audiens akan melihat langsung aksi panggung MC. Bukan hanya itu, tujuan acara akan berhasil jika MC memerankan perannya dengan optimal.

Maka, poin demi poin ini perlu diperhatikan dengan baik. Diantaranya:

-Memahami alur acara

-Pembukaan

Chapter 6: Tips Berinteraksi dengan audiens

Sebagai bab terakhir, pembahasannya mengenai cara membangun interaksi dengan audiens.

Saat audiens berhasil Anda taklukan, besar kemungkinan Anda akan memandu acara dengan lancar.

-Bridging

-Penutupan

-Interaksi dengan audiens

-Melakukan ice breaking

-Jokes

Jika Anda tertartik untuk memiliki bukunya, silakan kontak 0822-1497-8266 (Nurul) atau klik link berikut: http://bit.ly/PesanBukuStreetSmart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *