Cerita Public Speaking

Peran Public Speaking Dalam Karir dan Kehidupan

Peran Public Speaking Dalam Karir dan Kehidupan

“If you can speak, you can influence. If you can influence, you can change lives”

-Rob Brown-

Hari sabtu, tanggal 12 November 2016 saya mendapat kesempatan berbagi materi public speaking untuk kawan-kawan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dalam kesempatan itu, saya tidak hadir sendiri. Ada tiga orang lainnya yang hadir khusus untuk sesi dialog. Mereka bertiga adalah duta-duta terpilih sesuai dengan bidangnya, diantaranya:

  1. Nafisa Alhamid, RU 1 Putri Muslimah Indonesia 2016
  2. Ramadhani Fayaputri, Putri Kalimantan Selatan 2016
  3. Widya Maulidina, Duta Mahasiswa Genre Kalimantan Selatan 2016

Dalam momen tersebut, mereka bertiga menceritakan banyak pengalaman terkait public speaking yang sangat menunjang karir dan kehidupannya.

Setidaknya, ada tiga peran utama public speaking untuk karir dan kehidupannya:

  1. Menjadi Meyakinkan

Orang-orang dengan kemampuan public speaking yang baik terbukti mampu membuat orang lain yakin dengan apa yang dikatakannya. Setiap ide atau hal yang ingin disampaikan memiliki kemampuan ajaib sehingga orang lain pun percaya. Alhasil ketiga putri itu mampu meyakinkan dewan juri dan menjadi pemenang dalam kategori lomba yang diikutinya.

  1. Menjadi Percaya Diri

Bukan perkara mudah untuk terlibat dalam sebuah kompetisi, apalagi berskala nasional. Biasanya, rasa takut sudah hadir lebih dulu. Lain cerita bagi orang-orang yang sudah percaya diri. Orang PD mampu mengelola rasa takutnya dan mampu tampil dengan luar biasa. Jadi, masih juga nunggu untuk percaya diri dan bisa public speaking?

  1. Menjadi Bernilai

Setiap orang mempunyai kelebihan dalam dirinya. Hanya saja, tidak semua orang mampu mengoptimalkan kelebihannya. Akhirnya, mereka yang bernilai adalah orang-orang yang mampu tampil dan membagikan apa yang mereka miliki bagi banyak orang. Skill public speaking membuat dirinya semakin bernilai. Anda mau menjadi pribadi yang bernilai?

Rob Brown, seorang aktor Hollywood mengatakan,“If you can speak, you can influence. If you can influence, you can change lives”.

Ternyata berbicara mampu mempengaruhi banyak orang. Dan saat Anda mampu mempengaruhi, sejatinya Anda bisa mengubah hidup banyak orang. Jadi, masih mau menunggu untuk belajar public speaking?

Tidak pernah ada kata terlambat untuk berlatih. Mulailah dari sekarang dan rasakan bagaimana public speaking akan membuat diri Anda berbeda dengan kebanyakan orang.

Selamat berlatih.

Kindly regards,

Fauzi Noerwenda

Trainer Public Speaking

www.gpssbandung.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *