Tips Public Speaking

Inilah rahasia tampil percaya diri saat presentasi dengan bahasa inggris

Inilah rahasia tampil percaya diri saat presentasi dengan bahasa inggris

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa, presentasi di depan umum adalah hal yang menakutkan. Tak ayal, banyak orang yang selalu menghindar saat kesempatan presentasi datang.

Momen presentasi memang selalu menghadirkan tantangan yang menarik. Jika menggunakan bahasa sehari-hari saja sudah challenging,apalagi jika presentasi dengan bahasa asing, tentu sangat menantang bukan?

Lagi-lagi soal terbiasa atau belum. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan bahasa inggris, maka presentasi dengan bahasa inggris pun akan terasa mudah. Namun bagaimana jika Anda belum terbiasa atau bahkan belum mahir?

Apakah hal itu akan menjadi alasan untuk tidak presentasi? Jangan sampai guys! Saya mau cerita pengalaman nih tentang presentasi dengan bahasa inggris. Moga-moga bisa jadi insight buat yang membaca.

Sekitar awal tahun 2014 saya mendapat kesempatan presentasi dengan bahasa inggris dalam sebuah konferensi internasional yang dihelat di Penang, Malaysia. Acara tersebut dihadiri puluhan orang dari berbagai negara dan sebagian besar diantaranya adalah dosen.

Sejujurnya, rasa grogi saya sudah muncul saat pengumuman presentasi tiba. Kira-kira sekitar bulan November tahun 2013. Wow kebayang kan berapa lama groginya? Kalo sebelumnya pernah baca artikel saya tentang grogi, pasti tahu kan kalo grogi tidak bisa dihilangkan. Tapi tenang aja, grogi bisa kok disalurkan. Caranya bisa baca diartikel berikut ini, http://fauzinoerwenda.com/5-tips-menyalurkan-grogi/

Beruntung saya sudah tahu tipsnya, akhirnya saya mempersiapkan dengan optimal. Darimulai ambil kelas speaking bahasa inggris, bikin materi dan latihan lainnya. Orang bijak selalu bilang kalo persiapan awal mula keberhasilan. Modal persiapan optimal membuat presentasi nanti terasa ringan.

Taraaaaa… akhirnya hari presentasi pun tiba. Deg degan iya lah pasti, namanya juga manusia. Akhirnya momen perdana buat presentasi bahasa inggris pun tiba. Kalo pake bahasa Indonesia bisa percaya diri, artinya dengan bahasa inggris pun saya percaya diri.

Trik yang saya gunakan saat akan tampil adalah cara kelima dalam menyalurkan grogi, yaitu NGAKU! Saat pembukaan presentasi saya ngaku kalo ini adalah kali pertama saya tampil dengan bahasa inggris. Apa manfaatnya NGAKU di sesi awal?

Jika Anda melakukan kesalahan,maka audience akan maklum. Namun jika Anda tampil optimal, maka Anda akan mendapat apresiasi. Asik kan? Oia, saya sarankan cara NGAKU ini hanya dipake oleh Anda yang baru belajar atau mendapat kesempatan pertama. Kalo udah profesional tidak disarankan karena bisa menurunkan kredibilitas.

So, gampang kan ternyata tips dan trik pede saat presentasi dengan bahasa inggris?

Cukup optimalkan dua hal. Pertama persiapan yang matang dan kedua NGAKU kalo itu pengalaman pertama teman-teman.

Selamat mencoba presentasi dengan bahasa inggris.

Kindly regards,

Fauzi Noerwenda

Trainer Public Speaking

http://www.gpssbandung.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *