Tips Public Speaking

Ini dia 3 alasan kenapa perlu bisa ice breaking, yang terakhir biasanya jarang disadari

Ice Breaking Seru

Ice breaking merupakan salah satu cara yang biasanya digunakan untuk membuat suasana acara menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

Mulai dari trainer, MC hingga pengajar selalu menggunakan ice breaking disela-sela proses mengajar. Lantas, apa sih pentingnya bisa melakukan ice breaking?

Silakan simak ketiga alasan tersebut.

1. Membangun kedekatan dengan audiens

Saat acara akan dimulai, biasanya audiens hadir dengan beragam urusan yang dibawa. Sehingga audiens belum sepenuhnya hadir untuk acara. Kalo Anda sebagai seorang pembicara atau apa pun langsung memberikan materi, tentu audiens tidak siap dan bakal merasa berat.

Anda perlu menyiapkan mereka agar siap dengan Anda. Dengan ice breaking, audiens akan mulai merasakan kenyamanan dalam acara tersebut.

Bukan hanya itu, saat audiens sudah mulai nyaman, secara tidak sadar Anda sudah berhasil membangun kedekatan dengan mereka. Artinya, apa pun yang akan Anda sampaikan, audiens akan manut. Jadi, memang sangat penting memberikan sesi ice breaking di awal acara.

2. Mengembalikan konsentrasi

Hadir ke sebuah acara bukanlah hal yang mudah. Bagi sebagian orang, hadir ke sebuah acara membutuhkan niat yang ekstra. Apalagi hadir ke acara seminar, pelatihan atau diskusi dengan durasi acara yang panjang. Misalnya satu hari penuh. Bisakah Anda bayangkan jika setiap jamnya diisi oleh materi? Pasti berat dan ada rasa bosan. Tingkat konsentrasi audiens pun pasti akan naik turun.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan ice breaking. Biasanya sudah ada slot waktu untuk ice breaking. Saat break pagi, istirahat siang dan break sore. Gunakan momen tersebut agar konsentrasi audiens kembali 100 %.

Namun ingat, Anda perlu fleksibel. Sekiranya diluar sesi tersebut membutuhkan ice breakingmaka lakukanlah. Patokannya adalah tujuan. Adanya ice breaking agar tujuan acara dan audiens tercapai. Maka, pekalah dengan setiap kondisi audiens. 

3. Memberikan pelajaran dengan sudut pandang yang berbeda

Alasan ketiga ini biasanya jarang terpikirkan. Karena memang biasanya ice breaking digunakan sebagai sesi bersenang-senang. Padahal, kita bisa mengemas sesi ice breaking menjadi sebuah sesi yang penuh dengan pembelajaran.

Caranya sangat mudah. Di akhir sesi ice breakingtanyakan pembelajaran berharga yang sudah audiens dapatkan selepas melakukan ice breakingAnda bisa bertanya satu persatu atau bisa juga ajak audiens untuk membentuk kelompok lalu berbagi pembelajarannya dalam kelompok-kelompok kecil.

Gunakanlah selalu ice breaking sebagai senjata efektif untuk membuat proses belajar menjadi menyenangkan dan diminati oleh audiens.

Pada umumnya, banyak sekali alasan kenapa Anda perlu belajar ice breaking. Hanya, 3 alasan saja sudah cukup kuat untuk membuat Anda segera belajar dan menggunakan ice breaking dalam setiap sesinya.

Tapi, saya kan belum tahu cara melakukan ice breaking yang benar? Bagaimana?

Bagi Anda yang memang ingin belajar bagaimana cara melakukan ice breaking dengan benar serta mengetahui cara penggunaan dalam setiap waktunya, Anda bisa belajar di kelas ice breaking yang diselenggarakan oleh Ganesha Public Speaking.

Jadwal terdekatnya hari sabtu tanggal 17 November 2018. Sayangnya hanya untuk 20 peserta saja. Jika Anda serius ingin segera belajar, silakan langsung kontak call center Ganesha Public Speaking (0858-6000-0020) atau klik link berikut http://bit.ly/AdminGPS.

Moga-moga tulisan ini bisa menjadi jawaban atas rasa penasaran Anda tentang ice breaking atau menjadi jalan yang membuat Anda mengetahui dimana harus belajar ice breaking.

Selamat mempraktikan.

Sampai jumpa di artikel lainnya.

Fauzi Noerwenda

0813-1377-7751

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *