Tips MC

Contoh Teks MC dan Naskah Panduan Akad Pernikahan

Contoh Teks MC dan Naskah Panduan Akad Pernikahan

Akad pernikahan merupakan rangkaian utama dalam prosesi pernikahan. Dalam prosesnya, akad nikah sebetulnya cukup sederhana. Hanya saja, hal sederhana akan terasa rumit jika kita tidak memahami langkah demi langkahnya.

Untuk memudahkan langkah mempelai serta MC yang memandu jalannya prosesi akad nikah, saya akan bagikan susunan acara beserta script untuk MC. Moga-moga hal ini membantu Anda saat Anda bertugas di pernikahan sebagai MC.

Hal pertama yang ingin saya share adalah susunan acara akad nikah yang umumnya dilakukan. Jika ada improvement tentu sangat diperbolehkan.

Susunan acara Akad Nikah:

  1. Kedatangan Calon Mempelai Pria
  2. Pengalungan Bunga
  3. Pembukaan Akad Nikah
  4. Sambutan Penyerahan CPP
  5. Sambutan Penerimaan CPW
  6. Simbolisasi Penyerahan
  7. Pembacaan Ayat Suci Al-qur’an
  8. Prosesi Akad Nikah
  9. Sungkeman
  10. Foto Bersama Keluarga Inti

Susunan acara tersebut merupakan yang umum dilakukan. Kalo ada upacara adat bisa ditambahkan selesai acara inti. Bahkan di era yang semakin modern ini, pasca akad nikah sering ditambah dengan momen-momen seperti pelepasan balon atau kembang api. Hal yang seperti itu merupakan tambahan dan sesuai dengan selera mempelai.

Sekarang yuk kita bahas bagaimana script untuk memandu rangkaian acara akad nikah tersebut. Siap-siap sambil berlatih yah. Contoh script dibawah ini menggunakan case dalam pernikahan saya dan istri. Jadi pembaca semua tinggal ganti detailnya saja jika mau pake script yang saya tulis.

Script MC Akad Nikah

  1. Kedatangan Calon Mempelai Pria

Selamat datang kami ucapkan kepada rombongan keluarga besar calon pengantin pria, keluarga dari Fauzi Noerwenda yang merupakan putra dari pasangan Bapak Suryana dan Ibu Ely Sunarti. Suatu kebanggaan dan kebahagiaan karena pagi ini kami kedatangan keluarga yang hadir dengan penuh cinta.

Dari hati terdalam, kembali kami ucapkan selamat datang kepada keluarga besar Fauzi yang sudah datang jauh-jauh dari Sukabumi ke Gedung Kornel Singawinata Dustira Cimahi.

  1. Pengalungan Bunga

Sebagai ungkapan cinta dan ketulusan, selanjutnya akan dilakukan prosesi pengalungan bunga yang akan diberikan dari ibunda calon mempelai wanita kepada calon pengantin pria. Kepada yang terkasih, Ibu Nining Prihatiningsih dan juga Fauzi Noerwenda untuk melangkah melakukan prosesi pengalungan bunga.

Silakan langkahkah kaki seraya mengucapkan basmallah agar langkah kaki kita selalu ada dalam ketulusan dan niat untuk menggapai ridho-Nya.

(Ibu Nining mengalungkan bunga kepada Fauzi)

Alhamdulillah prosesi pengalungan bunga sudah selesai. Moga-moga ini menjadi langkah awal agar rencana akad nikah yang sesaat lagi akan berlangsung bisa berjalan dengan penuh keridhoan.

Selanjutnya kami undang seluruh keluarga besar rombongan calon pengantin pria untuk masuk ke ruangan utama dan menempati kursi yang telah disediakan disebelah kiri.

(Rombongan keluarga CPP berjalan memasuki ruang utama).

  1. Pembukaan Akad Nikah

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Alhamdulillah, alhamdulillahirobbi l’alamin wabihi nasta’inu ala umuriddunya waddin wa’ala ‘alihi washohbisi ajma’in. Amma Ba’du.

Puja, marilah kita panjatkan kepada Allah Yang Maha Kuasa.

Puji, marilah kita panjatkan kepada Allah Yang Maha Suci.

Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang tak pilih kasih dan tak pilih sayang. Segalanya dikasih dan disayang. Atas kasih dan sayangnya, pada hari ini, sabtu, 15 Juli 2017 kita semua bisa bertatap wajah dan bertemu pandang dalam rangkaian acara prosesi akad nikah antara Nurul Fadhilah dan Fauzi Noerwenda.

Hadirin tamu undangan yang berbahagia.

Daun-daun tak akan mungkin terjatuh jika tidak ada yang menggerakan.

Debu-debu beterbabangan tak akan mungkin terjadi jika tidak ada yang menggerakan.

Ombak yang menggulung lautan pun tak akan terjadi jika tidak ada yang menggerakan.

Begitu pun dengan pertemuan kita pada pagi hari ini, tak akan mungkin terjadi jika tidak ada yang menggerakan. Maka sudah sepantasnya kita awali denga rasa syukur karena atas izin Allah-lah kita bisa digerakan dan berjumpa di pagi hari yang penuh dengan kedamaian.

Sholawat serta salam, semoga senantiasa tercurah limpah kepada sosok teladan yang membawa perubahan besar bagi dunia, sosok yang akan selalu menjadi panutan dan rahmat bagi semesta yakni Baginda Nabi Muhammad SAW.

Baginda Nabi Muhammad SAW adalah contoh bagi umat manusia. Dan sesaat lagi akan segera diselenggarakan satu acara yang telah beliau contohkan yaitu prosesi akad nikah.

Hadirin tamu undangan yang berbahagia, Insya Allah tak lama lagi akan ada dua hati yang terpaut dalam satu janji. Janji yang akan mengubah segalanya. Janji yang akan mengubah yang haram menjadi halal. Janji yang akan mengubah setiap hal menjadi rangkaian ibadah yang luar biasa.

Janji antara dua insan yang bernama Nurul Fadhilah dan Fauzi Noerwenda. Nurul merupakan putri kedua dari pasangan Bapak Mulyana dan Ibu Nining Prihatiningsih. Fauzi merupakan putra pertama dari pasangan Bapak Suryana dan Ibu Ely Sunarti.

Untuk menjawab pertanyaan yang masih tersimpan dalam benak bapak ibu semua, selanjutnya akan ada penyampaian sambutan dari perwakilan kedua keluarga terkait penyerahan dan juga penerimaan kedua mempelai.

  1. Sambutan Penyerahan CPP

Untuk mengetahui lebih dalam terkait kedatangan dan tujuan rombongan dari calon pengantin pria, akan kita simak bersama sambutan penyerahan dari pihak calon pengantin pria yang akan disampaikan oleh Bapak Aris Munandar. Kepadanya kami silakan.

  1. Sambutan Penerimaan CPW

Sungguh niat yang sangat mulia sudah terdengar jelas dari sambutan penyerahan pihak calon pengantin pria. Selanjutnya akan kita simak dan dengarkan bersama sambutan penerimaan dari pihak calon pengantin wanita yang akan disampaikan oleh Bapak Endang Sanusi. Kepadanya kami silakan.

  1. Simbolisasi Penyerahan

Alhamdulillah sudah kita simak bersama sambutan dari kedua keluarga. Insya Allah tujuan sudah bulat dan tekad sudah sudah menggema. Selanjutnya sebagai tanda cinta dari keluarga calon pengantin pria, akan ada penyerahan seserahan secara simbolis yang akan diberikan oleh ibunda dari Fauzi yaitu Ibu Ely kepada ibunda Nurul yaitu Ibu Nining. Kepada Ibu Ely dan Ibu Nining kami undang untuk maju ke depan.

Alhamdulillah, simbolis pun sudah dilakukan. Selanjutnya kami silakan kepada keluarga besar calon pengantin pria menyerahkan seserahan secara estafet yang akan diterima oleh keluarga calon pengantin wanita.

  1. Pembacaan Ayat Suci Al-qur’an

Jantung semakin berdetak kencang dan nafas pun semakin terengah-engah, tak terasa kita akan semakin dekat dengan acara yang paling ditunggu.

Namun sebelum melangkah menuju akad nikah, kita akan dengarkan bersama pembacaan ayat suci al-qur’an yang akan dibacakan oleh Saudara Aris Alfan. Kepadanya kami silakan.

  1. Prosesi Akad Nikah

Hadirin tamu undangan yang berbahagia, kini tiba saatnya melangkah pada acara yang paling ditunggu yaitu akad nikah.

Akad nikah merupakan sebuah ikrar yang luar biasa. Langit ikut bergema dan malaikat turun mendoakan sepasang insan yang mengucap ijab Kabul.

Sebelum kita mulai prosesinya, mari kita beristighfar, mungkin selama kita melangkah ada hal khilaf dan lupa dari benak pikiran kita. Astaghfirullahal’adzim.

Selanjutnya kita ucapkan hamdallah, mungkin selama ini ada hal yang lalai kita syukuri dari sekian banyak nikmat Allah yang telah diberikannya. Alhamdulillahrobbil’alamin.

Hadirin tamu undangan yang berbahagia, agar proses akad nikah bisa berjalan khidmat, kami menghimbau agar semuanya bisa mengikuti dengan khusyu, mengkondisikan alat komunikasnya dalam kondisi silent.

Lalu ketika ijab sudah terucap, kami ajak Anda untuk tidak bertepuk tangan melainkan kita sama-sama berdoa seraya mengucapkan hamdallah dan doa pernikahan, “Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khair”.

Prosesi akad nikah akan langsung dipandu oleh Bapak Deni dari KUA Kecamatan Baros. Kepadanya kami silakan.

  1. Sungkeman

Sungkeman dilakukan sebagai ungkapan cinta dari mempelai kepada orang tua. Biasanya dimulai dari ibunda masing masing, ayah lalu bergantian kepada mertua.

Sungkeman pun ada yang langsung dipandu MC ada juga yang langsung disampaikan oleh mempelai. Lalu kalo MC yang memandu, bagaimana caranya?

Bahasan untuk teks sungkeman saya upload dengan link yang berbeda yah. Nantikan di tulisan selanjutnya.

  1. Foto Bersama Keluarga Inti

Sebagai rangkaian penutup dari prosesi akad nikah, biasanya dilangsungkan foto bersama dengan keluarga inti. Formasi yang umum dilakukan adalah 2-4-4-6.

Dua itu kedua mempelai.

Empat itu mempelai dengan orang tua pengantin wanita. Empat selanjutnya mempelai dengan orang tua pengantin pria. Dan enam adalah gabungan dari mempelai dan kedua orang tua pengantin.

Setelah selesai foto, acara akan berhenti karena pengantin akan berganti pakaian dan dilanjutkan dengan resepsi pernikahan.

Itulah gambaran umum untuk naskah dan panduan MC prosesi akad nikah. Dalam pelaksanaannya sangat mungkin terjadinya improvement. Jadi sesuaikan saja dengan yang terjadi dilapangan.

Sebagai catatan tambahan, dalam prosesi akad nikah saja banyak beberapa pengembangan. Ada yang CPW turut serta saat ijab. Ada juga yang dihadirkan pasca ijab Kabul. Bahkan sebelum ijak Kabul berlangsung ada juga prosesi permohonan izin dari CPW kepada orang tua.

Beberapa pengembangan itu tinggal sesuaikan saja dengan kondisi di lapangan dan skenario dari pengantin.

Mudah-mudahan naskah dan panduan MC akad nikah ini membantu bagi Anda sebagai MC atau pun Anda yang terlibat dalam prosesi akad nikah.

Nantikan tulisan selanjutnya terkait MC pernikahan.

 

8 thoughts on “Contoh Teks MC dan Naskah Panduan Akad Pernikahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *