Tips Public Speaking

6 Langkah membangun CHEMISTRY dalam KOMUNIKASI

#publicspeaking #publicspeakingclass #publicspeakingtraining #publicspeakingskills #publicspeakingcoach #publicspeakingcourse #publicspeakingtips #trainingpublicspeaking #publicspeakingbandung #publicspeakingschool #publicspeakingworkshop #publicspeakingmastery #publicspeakingandbusiness #publicspeaking101 #publicspeakingbook #publicspeakingseminar #publicspeakingcertification #publicspeakingacademy #trainerpublicspeaking #ganeshapublicspeaking

Manusia sebagai makhluk sosial tak bisa lepas dengan yang namanya komunikasi. Bahkan dalam ilmu NLP (Neuro Linguistik Programming) dikatakan bahwa manusia itu selalu berkomunikasi. Tanpa kita sadari, saat sedang sendiri pun kita selalu berkomunikasi. Bedanya, kita berkomunikasi dengan diri sendiri atau selftalk. Pernahkan? Saya kira sering bangetlah. Saya yakin ketika baca artikel ini pun kawan-kawan berkomunikasi dengan dirinya, bisa seperti pernyataan sepakat dengan apa yang saya tuliskan. Bener? Haha.

Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dengan baik.  Pengalaman yang saya lalui, kesulitan orang untuk berkomunikasi yaitu memulai percakapannya. Memang untuk memulai membutuhkan keberanian yang kuat. Untuk itu saya mau share langkah-langkah agar kita bisa memulai komunikasi yang baik dengan orang lain. Istilah NLPnya melakukan Building Rapport. Ada 6 langkah yang akan saya bagikan special untuk kawan-kawan semua.

  1. Sungguh-sungguh berminat kepada orang lain

“Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda”. Itulah tagline salah satu iklan di televisi. Mungkin bagi Anda yang terlahir lebih dahulu pernah melihatnya. Apa sih maksudnya? Untuk membuka pembicaraan diperlukan minat yang tinggi agar orang yang kita ajak bicara fokus pada kita. Maka saat kita mulai berkomunikasi pastikan kita memang menaruh minat dengan lawan bicara kita. Tunjukan dengan mimik wajah yang antusias serta obrolan yang hangat. Ingat pula untuk menyapa dan memuji lawan bicara kita.

  1. Tersenyumlah

Satu hal mendasar untuk membangun komunikasi yang baik adalah dengan terseyum. Maka pastikan setiap tatapan kita harus penuh dengan senyuman. Senyuman saat berkomunikasi membuat perasaan bahagia bagi lawan bicara kita. Selain itu lawan bicara kita akan merasa nyaman dengan kita. So, tersenyumlah ^_^

  1. Ingat nama orang lain tersebut

Banyak orang yang gagal dalam berkomunikasi hanya karena hal sepele. Diantara sebagian orang tersebut sering kali mengabaikan nama. Padahal saat kita mampu mengingat nama lawan bicara kita, maka alam bawah sadarnya akan mengatakan bahwa kita sudah dekat dengan lawan bicara kita. Bahkan lebih hebat lagi kalo kita mampu menghapalkan nama lengkapnya. Teknik ini adalah yang paling sering saya gunakan. Setiap bertemu orang baru, maka saya akan hapalkan nama lengkapnya. Dan benar saja, orang-orang semakin interest dengan saya. So, hapalkan namanya.

  1. Jadi pendengar yang baik

“Seorang pembicara yang baik adalah seorang pendengar yang baik”. Itu prinsip dasar loh dalam komunikasi. Jangan hanya mau ngomong doang, tapi coba belajar untuk mendengar. Terkadang ada orang yang tidak nyaman dalam berkomunikasi hanya karena kita sebagai lawan bicara tidak mau mendengarkan. Coba STOP sejenak mulut kita untuk mendengar lawan bicara kita. Simak baik-baik dan berikan respon positif pada setiap hal yang ia katakan. Percayalah, menjadi pendengar yang baik akan membuat kita mudah dan nyaman berkomunikasi dengan orang lain.

  1. Bicarakan minat orang lain

Saat berkomunikasi dengan orang lain, tahanlah untuk mengatakan segalanya tentang AKU,AKU,AKU. Hei lawan bicara kita bukan robot yang mau mendengar ocehan kita. Maka untuk melakukan komunikasi dengan orang lain, bicarakanlah minat mereka. Angkat dan puji setiap hal yang mereka sampaikan. Tapi ingat, ini bukan sekedar pujian palsu loh. Usahakan tulus dari hati untuk mendengar apa yang orang katakan. Hati akan sampai pula ke hati. Paling gampang itu bicara hobi, kesukaan atau hal-hal yang menyenangkan lainnya.

  1. Buat orang lain merasa penting dan lakukan dengan tulus

Tips terakhir untuk membangun chemistry dalam berkomunikasi yaitu dengan membuat orang lain merasa penting. Caranya sangat sederhana. Buat hal yang kita bicarakan menjadi penting bagi mereka. Saat informasi yang kita sampaikan bermanfaat, maka orang pun akan mendengarkan dengan seksama. Tentunya hal itu harus kita lakukan dengan tulus dari lubuk hati yang paling dalam sedalam-dalamnya. Hehe

Nah kawan-kawan, itulah 6 langkah yang kita bisa gunakan dalam membangun chemistry dalam komunikasi. Moga-moga berguna dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *