Tips MC

5 tahapan spesial bagi MC dalam membuka acara (Tahapan ketiga yang seringkali terlupakan)

5 tahapan spesial bagi MC dalam membuka acara

 

“You never get a second chance to make a first impression”

-Will Rogers-

oleh: Fauzi Noerwenda

Will Rogers, seorang komedian dan aktor legendaris dari Amerika Serikat pernah mengatakan satu kutipan keren tentang kesan pertama. Menurut Will, “kita tidak akan mendapatkan kesempatan kedua untuk menciptakan kesan pertama”. Artinya, sebisa mungkin dalam setiap momen kita perlu memberikan kesan pertama karena belum tentu akan hadir kesempatan lain untuk kita.

Sebagai MC, menciptakan kesan pertama adalah hal yang wajib. Saat Anda mampu menciptakan kesan pertama, sisa tugas Anda selanjutnya akan terasa ringan. Kesan pertama bisa Anda ciptakan di bagian pembukaan acara alias opening.

Opening merupakan momen krusial bagi MC dalam menjalankan tugasnya. Saat opening itulah kualitas sebagai MC akan terlihat. Apakah MC tersebut memiliki kapasitas atau biasa saja. Melakukan pembukaan acara gampang-gampang susah sebetulnya. Jika sudah tahu triknya tentu akan sangat mudah. Namun jika belum terbiasa, tentu akan menemui banyak kendala.

Dalam beberapa kesempatan mengajar di Ganesha Public Speaking, saya seringkali mendapat pertanyaan tentang cara melakukan opening yang menyenangkan. So, untuk Anda yang sedang membaca tulisan ini, saya mau berbagi tentang 5 tahapan spesial bagi MC dalam membuka acara. Check it out yah!

Biar gampang mengingatnya, saya rangkum rumus pembukaannya menjadi satu frase yaitu SAPA DIA (Salam & Sapa, Apresiasi, Perkenalan, Atensi & DeskrIpsi Acara). Yuk latihan menyapa dia dalam pembukaan.

  1. Salam & Sapa

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat melakukan pembukaan adalah mengucapkan salam dan sapa. Keduanya bisa menjadi signal yang menunjukan bahwa sebagai MC Anda memiliki sikap yang menyenangkan.

Contoh:

“Assalamu’alaikum Wr.Wb. Selamat malam dan salam sejahtera untuk Anda semua. Sungguh bahagia malam  ini karena saya bisa berjumpa dengan Anda, para peserta yang sangat luar biasa”

  1. Apresiasi

Hal kedua yang bisa Anda lakukan adalah memberikan apresiasi kepada seluruh elemen acara yang terlibat. Apresiasi merupakan sebuah penghargaan yang membuat orang-orang merasa dihargai peran dan kehadirannya.

Contoh:

“Selamat datang kami ucapkan untuk seluruh peserta yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir dalam rangkaian acara gathering alumni Ganesha Public Speaking”

“Selamat datang kepada bapak/ibu pembicara yang sudah hadir dan meluangkan waktunya untuk berbagi kepada kita semua”.

  1. Perkenalan

Nah tahapan ketiga ini yang seringkali terlupakan oleh kawan-kawan MC. Saking asiknya bawain acara, biasanya suka lupa memperkenalkan diri sebagai MC. Padahal perkenalan bisa membuat Anda dikenal dan boleh jadi ke depannya akan mudah dicari jika membutuhkan jasa Anda. Perkenalan sebagai MC singkat kok, cukup dengan menyebutkan nama.

Contoh:

“Bapak/ibu yang berbahagia, melalui momen acara yang penuh dengan rasa suka dan haru, izinkanlah saya Fauzi Noerwenda untuk memandu rangkaian acara hingga sore nanti”

  1. Atensi

Tahapan keempat yang bisa Anda gunakan saat membuka acara adalah menciptakan atensi. Atensi alias perhatian adalah sesi untuk menarik perhatian dari audience agar fokus kepada acara yang sedang Anda pandu. Cara menarik atensi sangat beragam, seperti mengajak melakukan permainan, bergerak, meneriakan yel-yel dan lainnya.

  1. Deskripsi Acara

Tahapan terakhir dalam membuka acara adalah menjelaskan acara secara singkat sehingga audience mengetahui gambaran singkat tentang acara yang akan diikutinya.

Contoh:

”Hadirin yang berbahagia, dalam kesempatan yang penuh dengan kebahagiaan, hari ini kita akan sama-sama belajar tentang cara menjadi pembicara yang percaya diri dalam rangkaian acara seminar dengan judul “How to speak confidently”.”

Gampangkan melakukan tahapan dalam pembukaan acara? So, silakan Anda ingat tahapannya agar kapan pun Anda tampil sebagai MC bisa membuka acara dengan menyenangkan.

Oia, beberapa contoh yang ditulis adalah contoh yang sangat sederhana. Pada praktiknya akan banyak improvisasi dari Anda sebagai MC. Jika Anda ingin berlatih lebih intensif, Anda bisa berlatih di kelas MC yang diselenggarakan oleh Ganesha Public Speaking (http://www.gpssbandung).

Selamat menjadi MC yang menyenangkan.

3 thoughts on “5 tahapan spesial bagi MC dalam membuka acara (Tahapan ketiga yang seringkali terlupakan)

  1. magnificent post, very informative. I wonder why the other experts of this sector don’t notice this. You should continue your writing. I’m confident, you’ve a great readers’ base already!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *