Tips Public Speaking

4 Rahasia Pembicara TED Talk Dalam Membangun Ide

91169_chrisanderson_greattedtalk_-1

TED merupakan organisasi non profit yang mengumpulkan para tokoh inspiratif dari berbagai bidang untuk berbagi kepada banyak orang dalam konferensi yang diselenggarakan TED. TED merupakan singkatan dari Technology, Entertainment, Design. (https://www.ted.com/talks).

Pembicara yang tampil di TED selalu mengesankan. Siapapun mereka, presentasinya selalu ditunggu dan menyuguhkan ide-ide cemerlang bagi banyak orang. Maka tak aneh jika pembicara-pembicara yang sudah pernah berbagi di TED selalu menjadi acuan dalam melakukan presentasi yang luar biasa. Apa yang sebetulnya membuat pembicara TED berbeda?

Chris Anderson, seorang Kurator TED membeberkan 4 rahasia pembicara TED dalam membangun ide. Seujujurnya, tak ada resep khusus yang dilakukan pembicara TED. Setiap kali tampil pun selalu merasa gugup. Hanya saja, Chris Anderson menemukan pola yang sama dalam proses membangun ide. Proses inilah yang membuat pembicara TED mampu menyampaikan idenya dengan sangat brilian. Inilah 4 rahasia pembicara TED dalam membangun ide.

  1. Fokus pada satu ide

Pada umumnya, orang-orang jika mendapat kesempatan berbicara selalu ingin menyampaikan banyak hal. Apa yang diketahui ingin semuanya langsung disampaikan. Apakah Anda masih seperti itu? Jika iya, yuk mulai kurangi.

Audience sebagai orang yang mendengarkan akan merasa bosan dan bingung jika terlalu banyak ide yang disampaikan. Fokuslah pada satu ide. Kembangkanlah satu ide ini jadi bahasan yang menarik dan membuat audience bertambah pengetahuannya.

  1. Berikan alasan mengapa audience perlu mendengarkan

Setiap ide itu berharga. Namun apa jadinya jika ide Anda tidak di dengar oleh audience? Tentu hal itu tidak diharapkan pastinya. Maka, berikanlah alasan mengapa audience perlu mendengarkan Anda bicara. Bangunlah rasa penasaran yang membuat audience tertarik mendengarkan Anda. Ingat, fokus Anda bicara adalah audience. Jadi, berikan manfaat bagi mereka yang mendengarkan.

  1. Bangun ide setahap demi setahap

Ide yang sudah Anda miliki perlu didesain indah agar mudah diterima audience. Buatlah setahap demi setahap. Urutkan dari ide utama, ide yang menjeskan hingga tambahan-tambahannya. Anda bisa menggunakan mind mapping, fishbone diagram atau metode lainnya.

  1. Buat ide Anda layak untuk dibagikan

Hal terakhir yang perlu Anda sadari apakah ide Anda layak untuk disebarkan atau tidak. Apa dampaknya jika Anda berbicara mengenai ide tersebut? Siapa yang bahagia jika ide itu tersebar luas kepada banyak orang? Perhatikan hal-hal tersebut.

Satu hal utama yang perlu Anda pahami mengapa pembicara TED mampu tampil dengan mengesankan adalah fokus utama untuk audience. Mereka tidak sekedar fokus pada dirinya sebagai pembicara. Namun fokus pada audience. Apa yang mereka butuhkan dan apa yang perlu mereka tahu.

Jika Anda memang ingin tampil dengan baik, mulailah belajar untuk fokus pada kebutuhan audience Anda.

Yuk berlatih bersama.

Fauzi Noerwenda

Trainer Public Speaking

http://www.gpssbandung.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *