Tips MC

3 Hal yang perlu diperhatikan saat pertama kali jadi MC

3 Hal yang perlu diperhatikan saat pertama kali jadi MC

MC alias pemandu acara merupakan salah satu sosok vital dari berhasilnya sebuah acara. MC akan menjadi pemimpin dari awal hingga berakhirnya acara tersebut. Untuk itulah, sudah seyogyanya seorang MC memahami langkah demi langkah saat memimpin acara.

Pada dasarnya, langkahnya cukup sederhana. Namun bagi Anda yang pertama kali memulai jadi MC, kok rasanya terlihat ribet dan menegangkan yah? But, don’t worry guys. Segala hal yang sederhana berawal dari rumit kok.

Untuk Anda yang pertama kali menjadi MC, baik MC di acara kantor, pernikahan, ulang tahun dan acara lainnya, ada 3 langkah yang bisa Anda perhatikan agar momen pertama Anda saat menjadi MC bisa menjadi mudah dan juga berkesan. Apa aja hal tersebut? Let’s check it out.

  1. Memahami Konsep Acara

Hal utama yang perlu dipahami oleh seorang MC adalah konsep acara. Konsep merupakan jantungnya sebuah acara. Sudah menjadi hal wajib MC paham betul dengan konsep acara. Sebagai langkah awal, Anda bisa berdiskusi dengan penyelanggara terkait konsep yang akan dilakukan. Selanjutnya, Anda berikan masukan bila memang dibutuhkan. Salah satu output dari konsep acara adalah rundown. Pahami betul poin demi poin dalam rundown tersebut agar peran Anda sebagai MC bisa semakin optimal.

 

  1. Berkoordinasi dengan penyelenggara

Sebuah acara yang diselenggarakan akan sangat dinamis. ­Biasanya perubahannya akan sangat cepat, terutama di susunan acara. Entah perubahan pengisi acara, perubahan konsep, perubahan waktu dan lainnya.

Maka, Anda sebagai MC perlu rajin melakukan koordinasi agar tidak terjadi miss komunikasi. Saat berkoordinasi, cukup dengan satu orang yang menjadi penanggung jawab. Jangan sampai banyak orang yang menghubungi Anda, alih-alih koordinasi, yang ada malah semakin kacau.

 

  1. Melakukan persiapan yang optimal

Jika konsep acara sudah matang, koordinasi pun berlangsung efektif, selanjutnya momen bagi Anda untuk melakukan persiapan dengan optimal. Mulai dari gladi hingga latihan berulang perlu Anda lakukan. Pastikan juga hal-hal detail seperti ­que card, susunan acara, pulpen, ­sticky notes, pakaian dan lainnya disiapkan. Persiapan optimal akan mendekatkan Anda dengan kesuksesan acara. Tentu Anda familiar dengan kutipan dari Benjamin Franklin ini, ”if you fail to plan, you are planing to fail”. So, lakukan persiapan untuk keberhasilan Anda.

­Mulai sekarang, gak perlu khawatir lagi jika Anda dapat kesempatan pertama menjadi MC. Lakukan yang terbaik yang bisa Anda lakukan. Bila Anda serius ingin terjun di dunia MC, bekali diri Anda dengan kemampuan MC yang efektif.

Khusus bagi Anda yang masih belajar di level awal, Anda bisa belajar di MC Class for beginner tanggal 24-25 februari 2018 yang diselenggarakan oleh Ganesha Public Speaking. Silakan kontak nomer +62 858-4654-2265 jika Anda berminat dan serius untuk belajar.

Selamat berlatih.

Kindly Regards,

Fauzi Noerwenda

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *